Seminar Online 2020 FKIP UISU

Seminar Online 2020 FKIP UISU

Medan, Alhamdulillah telah terlaksananya Kegiatan Seminar Online 2020 yang diadakan oleh FKIP UISU pada hari Sabtu (22/08/2020) dengan tema “Pendidikan dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”.  Kegiatan ini merupakan wujud nyata FKIP UISU  berkontribusi di Dunia Pendidikan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 dengan tujuan memberikan ilmu serta pemahaman yang Insya Allah bermanfaat bagi para stakeholders di Dunia Pendidikan serta dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Rektor UISU Bapak Dr. Yanhar Jamaluddin, M.AP, dengan menghadirkan Narasumber yaitu Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara Bapak Prof. Dian Armanto, M.Pd., M.A., M.Sc., Ph.D dengan membawakan materi “Kebijakan Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19” serta menghadirkan Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Bapak Drs. Alpian Hutauruk, M.Pd dengan membawakan materi “Strategi Pembelajaran di Masa Covid-19″ dan juga menghadirkan Dekan FKIP UISU Prof. Hj. Hasrita Lubis, M.Pd., Ph.D dengan membawakan materi ” Adaptasi Kebiasaan Baru Pembelajaran Pembelajaran di Masa Covid-19″. Kegiatan Seminar Online 2020 ini juga menghadirkan narasumber yang telah mengaplikasikan proses pembelajaran di Masa Covid-19 seperti yang disampaikan Rektor UNIVA Labuhan Batu Bapak Basyarul Ulya Nasution, SH., MM dengan materi  ” Realisasi Implementasi Pembelajaran di Masa Covid-19 di Daerah” serta menghadirkan Kepala SMA Negeri 2 Medan Bapak Drs. Buang Agus S dengan materi “Realisasi Implementasi Pembelajaran di Masa Covid-19 di Sekolah”.

Seperti yang disampaikan oleh Rektor UISU, Bapak Dr. Yanhar Jamaluddin, M.AP kegiatan Seminar Online 2020 yang diadakan FKIP UISU mengusung dua sisi pendidikan dan pebelajaran yaitu di  Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Menengah, pada Pendidikan Tinggi yang diwakili oleh Kepala LLDIKTI dan Dekan FKIP UISU serta pada Pendidikan Menengah yang diwakili Oleh Sekretaris Pendidikan Provinsi Sumut dan Kepala SMA Negeri 2 Medan serta penyelenggaraannya Pendidikan Tinggi didaerah yang diwakili oleh Rektor UNIVA Labuhan Batu.

Pada kesempatan ini Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut menyampaikan bahwa 3 hal utama yaitu bagaimana Perguruan Tinggi yang bermutu, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka serta Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Lebih lanjut beliau mengatakan Mutu Sebuat Perguruan Tinggi diukur dari luaran Perguruan Tinggi tersebut.

Dekan FKIP UISU juga menyampaikan, Lebih dari 91% populasi siswa didunia atau 94% jumlah siswa di Indonesia diilakukan penutupan Sekolah karena Covid-19 menurut data (UNESCO) sehingga para siswa belajar dari rumah dan guru mengajar/bekerja dari rumah pada semua jenjang pendidikan, maka disiapkan metode pembelajaran luring atau daring dalam mengatasi persoalan pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19.

Dalam seminar oneline 2020 FKIP UISU ini, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumut menyatakan bahwa Pandemi Covid-19 telah merubah tatanan diseluruh kehidupan, walaupun Pandemi Covid-19 telah merubah tatanan kehidupan tetapi layanan pendidikan tidak boleh berhenti, lebih lanjut beliau mengatakan sebagai orang terdidik harus dapat menyesuaikan semua perubahan-perubahan yang terjadi.

Selanjutnya Kepala SMA Negeri 2 Medan menyampaikan, dalam proses pembelajaran daring atau luring pada kondisi Pandemi, guru harus dibekali pelatihan daring oleh narasumber yang ahli pada bidangnya serta memanfaatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan pemahaman guru. Serta juga melakukan jadwal pembelajaran daring, agar sistem pembelajaran tetap berjalan dengan baik.

Terakhir dalam kesempatan ini Rektor UNIVA Labuhan Batu menyampaikan, Pandemi Covid-19 berimbas pada banyak sektor, bukan hanya pada sektor pendidikan seperti sosial budaya bahkan ekonomi. Sehingga dalam hal ini perlunya dilakukan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran, terlebih telah berkembangnya pembelajaran khususnya pada Pendidikan Tinggi yang dikenal dengan Kampus Merdeka sehingga menjadi tantangan bagi para Mahasiswa dan Dosen untuk menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *