Selamat Datang di Program Studi PPKn

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UISU  yang bertaraf internasional yang memiliki keunggulan berbasis riset pada tahun 2029 untuk menghasilkan lulusan yang Islami, andal, teruji, bermartabat mulia, dicintai oleh masyarakat, dan diridhoi Allah SWT.

Masing-masing kata ini bermakna:

  • Islami:

Pada tahun 2029, sivitas akademika Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UISU akan memiliki keilmuan yang berbasis riset dalam bidang ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang didasari dengan ketaqwaan dan integritas/akhlak yang tinggi/baik. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UISU menghendaki seluruh sivitas akademikanya mencapai puncak keislaman yang terwujud pada kepemilikan/penerapan ilmu yang tinggi, yang bukan hanya melaksanakan ibadah sebagai penerapan Catur Dharma UISU, namun juga memiliki kepekaan sosial dan akhlak yang mulia.

  • Andal:

Sivitas akademik Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UISU merupakan pribadi yang terpercaya dan profesional. Program Studi FKIP-UISU menghendaki seluruh Sivitas akademikanya menjadi pribadi yang cerdas, disiplin, mandiri, kreatif, inovatif, mampu bekerja dalam tim, jujur dan adil serta bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur yang berlaku.

  • Teruji :

Sivitas akademika Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UISU merupakan pribadi yang tangguh, memiliki konsistensi (istiqomah) dan kompetensi yang baik pada setiap bidang keahliannya. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UISU menghendaki seluruh civitas akademikanya menjadi personal yang tangguh, peka terhadap lingkungan di sekitarnya, dan mampu menemukan solusi bagi setiap permasalahan baik pribadi, institusi, maupum masyarakat, konsisten antara perkataan dengan perbuatan, serta memiliki kompetensi yang memberikan kontribusi  bagi pengembangan institusi  dan masyarakat sesuai bidang keahliannya.

  • Bermartabat Mulia:

Sivitas akademika Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UISU merupakan pribadi yang menjunjung tinggi etika dan moral. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UISU menghendaki seluruh civitas akademikanya menjadi personil yang menjaga kehormatan dan harga dirinya dengan berperilaku yang baik di mata Allah SWT dan masyarakat, dengan senantiasa belajar sepanjang hidup demi meningkatkan kualitasnya.

  • Dicintai Masyarakat:

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UISU memiliki produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Pendidikan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewaraganegaraan FKIP-UISU mengarahkan dan mengembangkan potensi serta kemampuan Sivitas akademikanya untuk kreatif dan aktif menemukan dan mengembangkan produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.

  • Diridhai Allah SWT:

Sivitas akademika Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UISU memperjuangkan dan menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UISU menghendaki civitas akademikanya untuk saling istiqomah menegakkanamar ma’ruf nahi munkar, yaitu dengan tangan, dengan lisan, dan dengan doa atas kemungkaran yang ada. Sivitas akademika Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP-UISU harus memahami, menghayati dan mengimplementasikan visi FKIP-UISU dalam menjalankan aktivitasnya di lingkungan UISU dan di masyarakat secara berkelanjutan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat serta Dakwah Islamiyah secara professional.
  2. Membentuk Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang nasionalis, berkualitas, beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu dan beramal shaleh, turut berperan dalam pembangunan umat Islam, bangsa, dan Negara Republik Indonesia demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat manusia.

Staf Pengajar

Atmawarni

Dosen Prodi PPKn

Evi Susilawati

Dosen Prodi PPKn

Sapta Kesuma

Dosen Prodi PPKn

Sri Kunarsih

Dosen Prodi PPKn

Tampilen

Kaprodi Pendidikan Sejarah & PPKn | Dosen Prodi PPKn

Zul Aida

Dosen Prodi PPKn

Album Kegiatan

Seputar FKIP

PPKMB 2020 FKIP UISU Berjalan Sukses

UISU-FKIP/ Alhamdulillah telah terlaksananya PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) T.A 2020/2021 FKIP UISU yang berjalan dengan baik walaupun dilaksanakan secara daring untuk pertama kalinya melalui Zoom Meeting. Acara PKKMB 2020 FKIP berlangsung selama 2 hari yaitu  Selasa-Rabu (06-07/10/2020), yang sebelumnya Senin (05/10/2020) telah dibuka secara resmi PKKMB UISU oleh Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, […]

Hari Kesaktian Pancasila , Momentum Sejarah Bangsa Indonesia

UISU/FKIP –  Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila dan hari ini merupakan peringatan ke 55 tahun Hari Kesaktian Pancasila. Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna yang besar bagi bangsa Indonesia, hal ini terjadi setelah pecahnya Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S/PKI, dimana Pancasila sebagai dasar negara Indoesia akan diganti dengan ideologi komunis, […]

Perlukah Merevisi Kurikulum Mata Pelajaran Sejarah?

UISU/FKIP – Beberapa hari belakangan santer terdengar isu tentang penghapusan mata pelajaran sejarah dari kurikulum nasional di Indonesia. Hal tersebut membuat resah masyarakat Indonesia terutama para pengamat sejarah dan pendidik sejarah. FKIP UISU memliliki Program Studi Pendidikan Sejarah, yang pastinya akan berdampak pula terhadap Program Studi Pendidikan Sejarah jika hal tersebut terjadi. Dr. Dahlena Sari […]

Dosen FKIP UISU Melaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat

(UISU/FKIP) Dimasa pandemi Covid 19 pembelajaran harus tetap berlangsung dengan melaksanakan pembelajaran jarak jauh alias daring oleh guru dan siswa. Masih banyaknya sekolah ataupun guru yang belum mampu memanfaatkan teknologi membuat Dosen Program Studi Matematika FKIP UISU berinisiatif menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) khususnya sekolah SMP Negeri 2 Pantai Labu dengan tema Pelatihan Pembelajaran Daring […]

Alamat Kami