Selamat Datang di Program Studi Pendidikan Biologi

Visi, Misi, Tujuan & Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan Biologi,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP-UISU yang menghasilkan lulusan yang Islami, andal, teruji, bermartabat mulia, dicintai oleh masyarakat, dan diridhai Allah SWT.

Makna Visi:

  1. Makna yang terkandung dalam rumusan misi pertama adalah bahwa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UISU tetap konsisten menyelenggarakan dharma Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, dan Dakwah Islamiyah. Sebagai perguruan tinggi yang bernuansa Islami , Prodi Pendidikan Biologi FKIP UISU membentuk insan yang mampu mengintegrasikan dan mensinergikan antara ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan biologi dengan kaidah-kaidah Islam yang terkandung dalam Catur Dharma UISU. Dalam proses pembelajarannya Prodi Pendidikan Biologi berusaha dan berkomitmen menghasilkan sarjana muslim yang nasionalis, berkualitas, beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, berilmu dan beramal saleh. Sarjana yang dihasilkan oleh Prodi Pendidikan Biologi harus profesional, berkompetensi dan mampu bersaing dalam menghadapi era globalisasi serta sesuai dengan harapan
  2. Makna rumusan misi yang kedua adalah bahwa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UISU selalu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi Pendidikan Biologi yang didasari oleh nilai-nilai Islam melalui proses pembelajaran dan penelitian kepada peserta didik dengan membangun lingkungan, fasilitas sarana dan prasarana yang baik dan lingkungan yang sehat, pembelajaran berbasis riset, penulisan artikel ilmiah bagi staf pengajar dalam jurnal berskala nasional dan internasional

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan ilmu pendidikan biologi, ilmu biologi dan da’wah Islamiyah secara profesional.

  2. Membentuk Sarjana Pendidikan Biologi yang nasionalis, berkualitas, beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu dan beramal shaleh, turut berperan dalam pembangunan umat Islam, bangsa, dan Negara Republik Indonesia demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat manusia.

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang Islami, handal, berakhlak mulia, profesional, beriman dan beramal saleh dengan Indeks Prestasi Kumulatif Minimal 3,10 dan mampu menerapkan ilmu biologi dan teknologi pendidikan biologi serta mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sesuai dengan kompetensinya.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang ilmu pendidikan biologi , ilmu Biologidan IPTEK yang bernilai Islam, memiliki daya saing yang bertaraf nasional maupun internasional.
  3. Mampu mengabdikan diri kepada masyarakat di bidang ilmu pendidikan dan IPTEK yang dapat dterapkan dalam pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.
  4. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang memiliki kompetensi dakwah Islamiyah ke seluruh masyarakat untuk membentuk Akhlakqul Qarimah.
  5. Terbentuk kerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan IPTEK guna meningkatkan mutu Program Studi Pendidikan Biologi.

Sasaran & Strategi Pencapaian

1

Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang Islami, handal, berakhlak mulia, profesional, beriman dan beramal saleh dengan Indeks Prestasi Kumulatif Minimal 3,10 dan mampu menerapkan ilmu biologi dan teknologi pendidikan biologi serta mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat sesuai dengan kompetensinya.

Sasaran:

Memiliki sistem pembelajaran Pendidikan Biologi yang Islami berbasis student centered learning, menggunakan IT dengan model PAIKEM serta melakukan evaluasi kurikulum secara berkala sesuai perkembangan IPTEK dan kebutuhan stakeholder.

Strategi Pencapaian:

  1. Pengembangan berkelanjutan.
  2. Peninjauan kurikulum, pembaharuan kurikulum mengikuti perkembangan dan tuntutan pengguna lulusan dan masyarakat.

2

Menghasilkan penelitian di bidang ilmu pendidikan biologi, ilmu biologi dan IPTEK yang bernilai Islam, memiliki daya saing yang bertaraf nasional maupun internasional.

Sasaran:

Memiliki kualitas penelitian bernilai Islami dengan mengkaitkan kajian sesuai kemajuan IPTEK tepat guna untuk pengembangan mahasiswa dan masyarakat.

Stretegi Pencapaian:

  1. Perencanaan, implementasi dan evaluasi terpadu.
  2. Pengembangan Silabus, SAP, dan Bahan ajar.
  3. Monitoring perkuliahan.
  4. Membuat kelompok-kelompok diskusi.
  5. Penilaian kinerja dosen oleh mahasiswa.
  6. Peningkatan layanan bimbingan akademik, skripsi, dan PPL.
  7. Standarisasi penilaian.

3

Mampu mengabdikan diri kepada masyarakat di bidang ilmu pendidikan dan IPTEK yang dapat dterapkan dalam pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat mencerdaskan dan mensejahterakan masyarakat.

Sasaran:

Memiliki lembaga pengabdian masyarakat yang handal dan mulia serta penerapan ilmu sesuai kebutuhan masyarakat.

Strategi Pencapaian:

  1. Pengembangan kualitas secara terpadu.
  2. Peningkatan dosen dengan studi lanjut.
  3. Peningkatan dosen dan karyawan dengan kegiatan seminar, dan workshop.
  4. Kerja sama antar Program Studi dalam workshop terapan teknologi untuk pembentukan dan pengembangan UMKM mahasiswa.

4

Menghasilkan Sarjana Pendidikan Biologi yang memiliki kompetensi Dakwah Islamiyah ke seluruh masyarakat untuk membentuk Akhlakqul Qarimah.

Sasaran:

Memiliki lembaga Dakwah Islamiyah dalam membentuk Akhlakul karimah mahasiswa dan masyarakat.

Strategi Pencapaian:

  1. Mengutamakan azas manfaat.
  2. Pengadaan sarana dan prasarana ruang kuliah dan ruang praktek (misal: pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta terjemahanya, tafsir, dakwah, praktek fardhu kifayah jenazah).

5

Menghasilkan tata kelola kelembagaan yang efektif, efisien, dan bermutu.

Sasaran:

Meningkatnya tata kelola kelembagaan yang efektif dan efisien.

Strategi Pencapaian:

  1. Promosi keunggulan.
  2. Peningkatan kualitas produk hasil penelitian.
  3. Peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan layanan.
  4. Peningkatan jejaring kerja sama.

Staf Pengajar

Abdul Hakim Siregar

Dosen Prodi Pendidikan Biologi

Budianto

Dosen Prodi Pendidikan Biologi

Edi Azwar

Pembantu Dekan II

Masa Bakti 2018-2022

Masnadi

Dosen Prodi Pendidikan Biologi

Nurhasnah Manurung

Pembantu Dekan I

Masa Bakti 2018-2022

Pandu Prabowo Worsodirejo

Dosen Prodi Pendidikan Biologi

Sularno

Dosen Prodi Pendidikan Biologi

Galeri Kegiatan