UISU Bertaraf Internasional Berwawasan Islami

UISU Bertaraf Internasional Berwawasan Islami

Medan-www.uisu.ac.id-Rektor UISU, Dr H. Yanhar Jamaluddin, MAP berkomitmen untuk menjadikan Universitas Islami Sumatera Utara (UISU) menjadi PTS yang bertaraf internasional berwawasan Islami. Ini artinya mengembangkan UISU sebagai destinasi kajian keislaman dan ilmu pengetahuan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berasaskan keislaman dan keilmuan, kita tidak ingin UISU hanya menjadi universitas biasa-biasa saja. UISU harus tampil di peta akademik  global karena tradisi keilmuan dan mutu lulusannya direkognisi atau diakui dunia,”kata Rektor UISU, Dr H. Yanhar Jamaluddin, MAP pada acara Wisuda 711 lulusan UISU, Kamis (25/7) di Gedung Selecta Jalan Listrik Medan.

Hadir pada acara itu, Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadiyang  diwakili Kepala Balitbang Provsu, Ir H Irman, MS Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut, Koordinator Kopertais Wilayah IX, Prof. Dr. Dian Armanto, Ph.D, Ketua Pembina Yayasan T. H. Oesman Delikhan Al Hajj, Pengurus Yayasan UISU, Ketua Pengawas Yayasan UISU, Ketua Sekretaris dan Anggota Senat.

Dikatakannya, pada aspek globality, UISU ingin mengukuhkan diri sebagai salah satu jejaring penting dalam tradisi kajian keislaman, pengetahuan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakatnya secara global. Pengukuhan itu dilakukan dengan memperkuat tradisi akademik dan publikasi riset karya sivitas akademika UISU di berbagai jurnal nasional dan internasional bereputasi. Hal ini merupakan aspek penting dalam mengokohkan rekognisi global atas UISU sebagai jejaring tradisi kajian keislaman dan ilmu pengetahuan dunia.

Gubernur Edy Rahmayadi diwakili Balitbang, Ir H Irman, MS pada kesempatan itu menyatakan, UISU merupakan aset berharga dalam mendukung pencapaian program-program visi misi pemerintah provinsi Sumatera Utara untuk mewujudkan Sumatera Utara yang maju, aman dan bermartabat, terutama untuk mewujudkan Sumatera Utara yang maju, aman dan bermartabat, terutama untuk mewujudkan Sumatera Utara yang bermartabat dalam pendidikan karena masyarakatnya yang terpelajar, berkarakter, cerdas, kolaboratif, berdaya saing, dan mandiri.

Kepala LL DIKTI Wilayah I Sumut, Prof.Dr Dian Armanto, MPd, PhD mengingatkan agar UISU dimasa depan bisa menjadi lebih baik lagi dari Akreditasi B menjadi akreditasi A. Prof. Dian Armanto yakin bahwa UISU bisa memperoleh akreditasi A, sebab UISU merupakan PTS tertua di luar pulau Jawa.

Dia juga mengingatkan, UISU agar terus meningkatkan sumber daya manusianya dengan menambah guru besar, dan doktor. Setidaknya 40 persen dosen UISU harus doktor. “Disamping itu juga UISU harus terus meningkatkan jumlah penelitian,”ucap Dian Armanto.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Umum Yayasan UISU diwakili Prof. Dr. Hasim Purba, SH, Mhum menyatakan, UISU sebagai perguruan tinggi memiliki nilai khusus yakni catur dharma. Catur dharma yang keempat adalah dakwah Islamiyah. Karenanya tidak ada alasan bagi lulusan UISU untuk tidak bisa terjun  ke masyarakat dan untuk berhenti menuntut ilmu. (***)

kontributor : rasyid

redaktur : zakaria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *