Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Raih Akreditasi B

Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Raih Akreditasi B

www.fkip.uisu.ac.id. Belum lama berselang setelah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UISU meraih akreditasi dengan peringkat B pada hari Selasa lalu (14/05/2019), kabar baik berikutnya datang dari Program Studi Pendidikan Sejarah yang berhasil meraih akreditasi dengan peringkat B dan nilai 338. Hal ini berdasarkan keputusan BAN-PT yang diumumkan melalui laman sapto.banpt.or.id pada hari Rabu (16/05/2019). FKIP sukses mendorong dua program studi di lingkungannya memperoleh peringkat yang baik dalam tahun ini.

Program Studi Pendidikan Sejarah mengajukan reakreditasi pada tanggal 28 Desember 2018 yang lalu dan diterima oleh BAN-PT pada tanggal 1 Februari 2018. Hasil dari reakreditasi ini merupakan pencapaian yang sangat menggembirakan karena berhasil naik peringakat dari dari C menjadi B untuk pertama kalinya. “Kami tentunya sangat gembira sekaligus bangga karena akhirnya Prodi Pendidikan Sejarah untuk pertama kalinya meraih B kali ini. Pencapaian ini adalah prestasi dari kerja keras Tim Borang dan dukungan seluruh dosen di lingkungan FKIP. Kami juga berterimakasih kepada para pimpinan universitas, Rektor dan jajarannya, Lembaga Penjamin Mutu (LPM) yang membimbing Tim Borang sampai sejauh ini, dan pimpinan FKIP yang memberi dukungan penuh.” ujar Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah Drs. Tampilen, M.Pd saat ditemui di ruangannya (16/05/2019).

Rasa gembira juga disampaikan Dekan FKIP Dra.Hj. Hasrita Lubis, M.Pd, Ph.D. “Alhamdulillah atas kerja sama dan kerja kerasnya oleh semua pihak, terutama Tim Borang Prodi Pendidikan Sejarah, dosen-dosen FKIP yang terus mendukung dan menyemangati, serta dari pihak LPM dan khususnya para pimpinan universitas. Semoga pencapaian peringkat B ini sebagai yang pertama bagi Prodi Pendidikan Sejarah. Kami juga bersyukur selama visitasi para asesor sangat mengapresiasi kesiapan prodi dan semua berjalan lancar.” ujarnya.

Ketua Tim Borang Program Studi Pendidikan Sejarah Dr. Dahlena Sari Marbun, M.Ed merasa puas akan pencapaian ini. “Setelah kerja keras ini kami puas beranjak dari peringkat C menjadi B. Untuk kedepannya, kami berharap semoga semangat ini bisa terus dilanjutkan untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi agar reakreditasi berikutnya bisa memperoleh peringkat A.” ujarnya ketika diwawancarai via telepon.

Assesment Lapangan dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2019 oleh dua orang asesor BAN-PT yang bertugas yaitu Drs. Nasution, M.Hum, M.Ed, Ph.D dari Universitas Negeri Surabaya dan Dr. Farida, M.Si dari Universitas Sriwijaya. Kedua asesor melaksanakan visitasi ke Prodi Pendidikan Sejarah selama kurang lebih 10 jam.

[kontributor: muhajir]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *