Visi, Misi, dan Tujuan
Program Studi Pendidikan Sejarah

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Sejarah yang unggul dalam pembelajaran sejarah di tingkat nasional pada Tahun 2029 yang Islami, handal, teruji dan bermartabat mulia, dicintai oleh masyarakat serta diridhai Allah SWT.

Misi

1) Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran sejarah secara profesional melalui pendekatan strategi, metode dan model pembelajaran yang menggunakan media serta proses pembelajaran dalam melatih kecerdasan, ketekunan, serta berakhlakul karimah dan mengaplikasikannya di dalam kehidupan.
2) Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat secara relevan dalam mengkaji keterkaitan persoalan sosial dengan persoalan ilmiah di tengah-tengah masyarakat yang berkaitan dengan nilai-nilai sejarah.
3) Meningkatkan sistem tata kelola Prodi Pendidikan Sejarah yang berlandaskan good governance dan berorientasi pada teknologi dan sistem informasi terkini.
4) Menjalin kerjasama dengan institusi pemerintah yakni museum negeri, lembaga adat, dinas pariwisata, lembaga bahasa, pusat studi sejarah dan ilmu-ilmu sosial dan sekolah latihan di dalam dan luar negeri dalam pengembangan program studi dan kontribusinya pada kemajuan negara.

Tujuan

1) Terwujudnya lulusan sarjana Pendidikan Sejarah yang Islami dan unggul serta cerdas, tekun, dan berakhlakul karimah.
2) Terciptanya publikasi ilmiah dari berbagai kegiatan penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam lingkup pendidikan dan sejarah.
3) Terlaksananya sistem tata kelola program studi sejarah yang mencerminkan good governance dengan dukungan teknologi dan sistem informasi yang modern dan relevan.
4) Terwujudnya kerjasama dengan institusi pendidikan dan pemerintah yang dapat memberikan kontribusi terhadap pelestarian nilai-nilai sejarah termasuk situs-situs yang terlantar melalui simposium dan seminar serta usulan hasil temuan untuk dikembangkan menjadi potensi pariwisata global kepada pemerintah pusat. Selanjutnya mengusulkan kepada pemerintah untuk merekonstruksi peninggalan sejarah agar dapat menjadi media pembelajaran dan obyek wisata.

Sasaran & Strategi Pencapaian
Program Studi Pendidikan Sejarah

1. Terwujudnya lulusan sarjana Pendidikan Sejarah yang Islami dan unggul serta cerdas, tekun, dan berakhlakul karimah

Sasaran:
a) Tingkat kelulusan yang maksimal dan berkualitas.
b) Terselenggaranya praktik pembelajaran yang berprinsip Islam.
c) Berkemampuan dalam menganalisis persoalan peserta didik dan memecahkan masalah melalui pendekatan personal.

Strategi Pencapaian:
a) Meningkatkan sistem evaluasi pada setiap lulusan Prodi Pendidikan Sejarah.
b) Menetapkan standar praktik pembelajaran yang Islami dalam memulai dan mengakhiri pelajaran.
c) Mendalami dan mengkaji sekaligus menerapkan teori pembelajaran taksonomi Bloom dalam pembelajaran sejarah.

3. Terlaksananya sistem tata kelola Prodi Pendidikan Sejarah yang mencerminkan good governance dengan dukungan teknologi dan sistem informasi yang relevan

Sasaran:
a) Berlangsungnya tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil.
b) Berlangsungnya suasana akademik yang bernuansa Islami dan kondusif untuk pelaksanaan Catur Dharma UISU.
c) Berlangsungnya sistem penjaminan mutu berkelanjutan.
d) Pemanfaatan teknologi dan sistem informasi dalam pelayanan akademik dan non-akademik.

Strategi Pencapaian:
a) Menetapkan kebijakan, pedoman dan standar prosedur dalam semua bidang yang terkait dengan tata kelola.
b) Menetapkan kebijakan tentang suasana akademik, kode etik dan standar Dakwah Islamiyah.
c) Melaksanakan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal.
d) Mengembangkan teknologi dan sistem informasi dalam pelayanan akademik dan non-akademik secara terpadu.

2. Terciptanya publikasi ilmiah dari berbagai kegiatan penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam lingkup pendidikan dan sejarah

Sasaran:
a) Peningkatan publikasi ilmiah kajian kesejarahan di tingkat nasional dan internasional yang bereputasi.
b) Memperoleh HAKI dalam pengembangan penelitian.

Strategi Pencapaian:
a) Mengadakan workshop, seminar dan pelatihan di lingkungan fakultas serta mengundang narasumber berdasarkan keahliannya dalam mengasah kemampuan menulis.
b) Meningkatkan kreativitas intelektual untuk meningkatkan daya saing keilmuan dalam pendidikan dan kesejarahan.

4) Terwujudnya kerjasama dengan institusi pendidikan pemerintah dan swasta di dalam dan luar negeri dalam pengembangan program studi dalam kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan Dakwah Islamiyah

Sasaran:
a) Terjalinnya kerjasama dengan institusi lain untuk proses pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan Dakwah Islamiyah.
b) Terjalinnya kerjasama dengan institusi lain untuk pemanfaatan wahana sejarah (museum, situs sejarah, kolektor, dan sebagainya).
c) Terjalinnya kerjasama dengan institusi lain untuk penempatan kerja bagi lulusan.

Strategi Pencapaian:
a) Menjalin kerja sama dengan institusi dalam negeri di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, Dakwah Islamiyah, pengembangan sumber daya, pemanfaatan wahana sejarah, dan penempatan kerja bagi lulusan.
b) Menjalin kerja sama dengan institusi luar negeri di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, Dakwah Islamiyah, pengembangan sumber daya, pemanfaatan wahana sejarah, dan penempatan kerja bagi lulusan.