Selamat Datang

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera Utara

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Sejarah yang unggul dalam pembelajaran sejarah di tingkat nasional pada tahun 2029 yang Islami, handal, teruji dan bermartabat mulia, dicintai oleh masyarakat serta diridhai Allah SWT.

Masing-masing kata ini bermakna:

  • Islami: Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UISU memiliki tanggung jawab keilmuan untuk kebaikan dunia yang mengedepankan ketaqwaan, integritas/akhlak yang tinggi/baik, dan akan mendapatkan balasan yang sempurna dari Allah SWT atas apa yang telah diusahakannya di dunia.
  • Andal: Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UISU merupakan personal yang terpercaya dan professional. Prodi Pendidikan Sejarah mengimplementasikan kehendak UISU yang menginginkan seluruh warganya menjadi personal yang cerdas, disiplin, mandiri, kreatif, inovatif, mampu bekerja dalam tim, jujur dan adil serta bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur yang berlaku.
  • Teruji: Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UISU merupakan personal yang tangguh, memiliki konsistensi (istiqomah), dan kompetensi pada bidang keahliannya. Program Pendidikan Sejarah menghendaki segenap civitas akademika menjadi personal yang tangguh, peka terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya, dan mampu menemukan solusi bagi setiap permasalahan baik pribadi, institusi, maupun masyarakat, konsisten antara perkataan dengan perbuatan, serta memiliki kompetensi yang memberikan kontribusi bagi pengembangan institusi dan masyarakat.
  • Bermartabat Mulia: Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UISU merupakan personal yang menjunjung tinggi etika dan moral. Civitas akademika Program Pendidikan Sejarah merupakan personal yang menjaga kehormatan dan harga dirinya, dengan berperilaku yang baik di mata Allah dan masyarakat, dengan senantiasa belajar sepanjang hidup demi meningkatkan kualitasnya.
  • Dicintai Masyarakat: Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UISU memiliki produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Program Pendidikan Sejarah mengarahkan dan mengembangkan potensi serta kemampuan civitas akademikanya untuk kreatif dan aktif menemukan dan mengembangkan produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.
  • Diridhai Allah SWT: Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UISU melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar. Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Sejarah bertindak untuk saling istiqomah menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, yaitu dengan tangan, dengan lisan dan dengan doa atas kemungkaran yang ada.
  • Unggul: Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UISU merupakan personal yang cerdas, disiplin, mandiri, kreatif, inovatif, mampu memecahkan masalah dengan metode ilmiah berbasis teknologi dan informasi, baik dalam pengajaran maupun dalam penelitian antara dosen dan mahasiswa sesuai dengan road map penelitian Program Studi Pendidikan Sejarah yang mengacu kepada road map penelitian universitas yang dikerjakan dalam tim yang solid, konsisten, jujur, adil serta bertanggung jawab.
  • Pembelajaran Sejarah: Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UISU melaksanakan sistem pembelajaran sejarah yang berkaitan dengan teori-teori kesejarahan untuk mengembangkan kepribadian dan mental yang kuat di dalam aktivitas belajar dan mengajar tentang peristiwa masa lampau yang erat kaitannya dengan peristiwa masa kini.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran sejarah secara profesional melalui pendekatan strategi, metode dan model pembelajaran yang menggunakan media serta proses pembelajaran dalam melatih kecerdasan, ketekunan, serta berakhlakul karimah dan mengaplikasikannya di dalam kehidupan.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat secara relevan dalam mengkaji keterkaitan persoalan sosial dengan persoalan ilmiah di tengah-tengah masyarakat yang berkaitan dengan nilai-nilai sejarah.
  3. Meningkatkan sistem tata kelola Prodi Pendidikan Sejarah yang berlandaskan good governance dan berorientasi pada teknologi dan sistem informasi terkini.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi pemerintah yakni museum negeri, lembaga adat, dinas pariwisata, lembaga bahasa, pusat studi sejarah dan ilmu-ilmu sosial dan sekolah latihan di dalam dan luar negeri dalam pengembangan program studi dan kontribusinya pada kemajuan negara.

Tujuan

  1. Terwujudnya lulusan sarjana Pendidikan Sejarah yang Islami dan unggul serta cerdas, tekun, dan berakhlakul karimah.
  2. Terciptanya publikasi ilmiah dari berbagai kegiatan penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam lingkup pendidikan dan sejarah.
  3. Terlaksananya sistem tata kelola program studi sejarah yang mencerminkan good governance dengan dukungan teknologi dan sistem informasi yang modern dan relevan.
  4. Terwujudnya kerjasama dengan institusi pendidikan dan pemerintah yang dapat memberikan kontribusi terhadap pelestarian nilai-nilai sejarah termasuk situs-situs yang terlantar melalui simposium dan seminar serta usulan hasil temuan untuk dikembangkan menjadi potensi pariwisata global kepada pemerintah pusat. Selanjutnya mengusulkan kepada pemerintah untuk merekonstruksi peninggalan sejarah agar dapat menjadi media pembelajaran dan obyek wisata.

Sasaran & Strategi Pencapaian

1

Terwujudnya lulusan sarjana Pendidikan Sejarah yang Islami dan unggul serta cerdas, tekun, dan berakhlakul karimah.
Sasaran:
  1. Tingkat kelulusan yang maksimal dan berkualitas.
  2. Terselenggaranya praktik pembelajaran yang berprinsip Islam.
  3. Berkemampuan dalam menganalisis persoalan peserta didik dan memecahkan masalah melalui pendekatan personal.
Strategi Pencapaian:
  1. Meningkatkan sistem evaluasi pada setiap lulusan Prodi Pendidikan Sejarah.
  2. Menetapkan standar praktik pembelajaran yang Islami dalam memulai dan mengakhiri pelajaran.
  3. Mendalami dan mengkaji sekaligus menerapkan teori pembelajaran Taksonomi Bloom dalam pembelajaran sejarah.

2

Terciptanya publikasi ilmiah dari berbagai kegiatan penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam lingkup pendidikan dan sejarah.
Sasaran:
  1. Peningkatan publikasi ilmiah kajian kesejarahan di tingkat nasional dan internasional yang bereputasi.
  2. Memperoleh HAKI dalam pengembangan penelitian.
Strategi Pencapaian:
  1. Mengadakan workshop, seminar dan pelatihan di lingkungan fakultas serta mengundang narasumber berdasarkan keahliannya dalam mengasah kemampuan menulis.
  2. Meningkatkan kreativitas intelektual untuk meningkatkan daya saing keilmuan dalam pendidikan dan kesejarahan.

3

Terlaksananya sistem tata kelola Prodi Pendidikan Sejarah yang mencerminkan good governance dengan dukungan teknologi dan sistem informasi yang relevan.
Sasaran:
  1. Berlangsungnya tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil.
  2. Berlangsungnya suasana akademik yang bernuansa Islami dan kondusif untuk pelaksanaan Catur Dharma UISU.
  3. Berlangsungnya sistem penjaminan mutu berkelanjutan.
  4. Pemanfaatan teknologi dan sistem informasi dalam pelayanan akademik dan non-akademik.
Strategi Pencapaian:
  1. Menetapkan kebijakan, pedoman dan standar prosedur dalam semua bidang yang terkait dengan tata kelola.
  2. Menetapkan kebijakan tentang suasana akademik, kode etik dan standar Dakwah Islamiyah.
  3. Melaksanakan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal.
  4. Mengembangkan teknologi dan sistem informasi dalam pelayanan akademik dan non-akademik secara terpadu.

4

Terwujudnya kerjasama dengan institusi pendidikan pemerintah dan swasta di dalam dan luar negeri dalam pengembangan program studi dalam kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan Dakwah Islamiyah.
Sasaran:
  1. Terjalinnya kerjasama dengan institusi lain untuk proses pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan Dakwah Islamiyah.
  2. Terjalinnya kerjasama dengan institusi lain untuk pemanfaatan wahana sejarah (museum, situs sejarah, kolektor, dan sebagainya).
  3. Terjalinnya kerjasama dengan institusi lain untuk penempatan kerja bagi lulusan.
Strategi Pencapaian:
  1. Menjalin kerja sama dengan institusi dalam negeri di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, Dakwah Islamiyah, pengembangan sumber daya, pemanfaatan wahana sejarah, dan penempatan kerja bagi lulusan.
  2. Menjalin kerja sama dengan institusi luar negeri di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, Dakwah Islamiyah, pengembangan sumber daya, pemanfaatan wahana sejarah, dan penempatan kerja bagi lulusan.

Struktur Organisasi Program Studi

Staf Pengajar

Dahlena Sari Marbun

Dosen Prodi Pendidikan Sejarah

M. Zukhri

Dosen Prodi Pendidikan Sejarah

Saiful Anwar Matondang

Dosen Prodi Pendidikan Sejarah

Hadiani Fitri

Dosen Prodi Pendidikan Sejarah

Pulung Sumantri

Dosen Prodi Pendidikan Sejarah

Syaiful Anwar

Dosen Prodi Pendidikan Sejarah

Ahmad Muhajir

Dosen Prodi Pendidikan Sejarah

Album Kegiatan