Visi, Misi, Tujuan, Sasaran & Strategi Pencapaian
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UISU unggul dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Islami dan diridhoi oleh Allah SWT serta penerapannya di tingkat nasional pada tahun 2026.

Masing-masing bermakna:

Unggul

Sivitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UISU merupakan individu yang terpercaya dalam bidang ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia yang ditunjukkan dengan kemampuan pembelajaran; pengembangan produk pembelajaran; yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas secara disiplin, mandiri, kreatif, inovatif; dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku; serta mampu bekerja dalam tim; bersikap jujur dan adil. Mampu berkompetisi di tingkat nasional dalam memperoleh nilai diatas standar minimal di bidang ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Islami

Sivitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UISU menghendaki seluruh warganya memiliki jiwa keislaman dan terwujud pada kepemilikan serta menerapkan ilmu bahasa dan sastra Indonesia yang tinggi tidak hanya melaksanakan ibadah sebagai penerapan Catur Dharma  (pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan Dakwah Islamiyah) UISU, namun memiliki kepekaan sosial dan akhlak yang mulia.

Diridhoi Allah SWT

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP-UISU melakukan pembelajaran pendidikan bahasa dan sastra Indonesia kepada sivitas akademika dengan asas amar ma’aruf nahi munkar. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP-UISU menghendaki warganya untuk saling istiqomah menegakkan amar ma’aruf nahimunkar, yaitu dengan tangan, dengan lisan, tulisan dan dengan doa.

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah:

  1. Menyelenggarakan Catur Dharma (pendidikan dan pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia dan Dakwah Islamiyah) secara professional.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang nasionalis, berkualitas, beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu dan beramal shaleh, turut berperan dalam pembangunan umat Islam, Bangsa, dan Negara Republik Indonesia demi kesejahteraan umat manusia.
  3. Mendidik sarjana pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang unggul dan berbasis riset dalam bidang pengajaran bahasa untuk menghasilkan lulusan yang terampil dalam bidang penelitian.
  4. Menghasilkan lulusan yang terampil di bidang entrepreuner dan kerjurnalistikan.

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sampai tahun 2026 adalah:

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan yang Islami dan unggul dalam bidang keilmuan dan Bahasa dan Sastra Indonesia serta mampu memberikan konstribusi pada masyarakat sesuai dengan kompetensinya.
  2. Membentuk tata kelola kelembagaan yang berbasis teknologi dan sistem informasi yang relevan, efektif, efisien, dan bermutu.
  3. Terwujudnya kerjasama dengan institusi pendidikan dalam dan luar negeri, instansi pemerintah, organisasi profesi, instansi pers, dan lembaga swadaya masyarakat untuk pengembangan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Terciptanya Publikasi ilmiah dari berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam lingkup Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  5. Menghasilkan Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bereputasi dan terakreditasi Nasional.
  6. Terlaksananya inovasi dan edukasi tentang produk pembelajaran yang berguna bagi peningkatan mutu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.
  7. Terbentuknya sarjana pendidikan yang terampil di bidang kewirausahan, kesusastraan dan kejurnalistikan.

1

Menghasilkan sarjana pendidikan yang Islami dan unggul dalam bidang keilmuan dan Bahasa dan Sastra Indonesia serta mampu memberikan konstribusi pada masyarakat sesuai dengan kompetensinya.

Sasaran

  1. Terselenggaranya proses pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan Dakwah Islamiyah yang berkualitas.
  2. Menguasai keilmuan Bahasa dan Sastra Indonesia guna merancang proses pembelajaran menggunakan inovasi model dan media pembelajaran.
  3. Mampu mengembangkan produk pembelajaran yang berinovasi.
  4. Kemampuan berbahasa Inggris dengan skor TOEFL minimal 350 dan sertifikat.
  5. Memiliki kemahiran berbahasa Indonesia dengan skor UKBI 400 dan sertifikat.

Strategi Pencapaian

  1. Meningkatkan kualifikasi dosen dan tenaga kependidikan.
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran.
  3. Meningkatkan mutu proses pendidikan dan sistem evaluasi berbasis KKNI.
  4. Memfasilitasi pelatihan TOEFL di fakultas sastra UISU serta menjadikan suatu syarat sidang skripsi.
  5. Memfasilitasi uji kemahiran berbahasa Indonesia di Balai Bahasa Sumatera Utara sebagai salah satu syarat wisuda.
  6. Memfasilitasi uji membaca Al-Qur’an dan fardu kifayah bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Agama Islam (LEPAI) UISU.
  7. Melaksanakan monitoring dan evaluasi serta survei kepuasan terhadap mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan secara berkala.
  8. Melaksanakan penelitian, pengabdian masyarakat, dan Dakwah Islamiyah berkaitan dengan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

2

Membentuk tata kelola kelembagaan yang berbasis teknologi dan sistem informasi yang relevan, efektif, efisien, dan bermutu.

Sasaran                  

  1. Berlangsungnya tata kelola yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.
  2. Pemanfaatan teknologi dan sistem informasi dalam pelayanan akademik dan non-akademik.
  3. Pelaksanaan PMB dilakukan secara online melalui laman www.uisu.ac.id.

Strategi Pencapaian

  1. Menetapkan kebijakan, pedoman, dan SOP untuk semua bidang yang terkait dengan tata kelola Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. Menetapkan kebijakan tentang suasana akademik, kode etik dan Dakwah Islamiyah.
  3. Melaksanakan sistem pejaminan muta internal dan eksternal oleh Gugus Kendali Mutu (GKM) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Membuat website resmi terkait tata kelola Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia.

3

Terwujudnya kerjasama dengan institusi pendidikan dalam dan luar negeri, instansi pemerintah, organisasi profesi, instansi pers, dan lembaga swadaya masyarakat untuk pengembangan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sasaran

  1. Terjalinnya kerjasama untuk mendukung proses pendidikan, penelitian, dan Dakwah Islamiyah
  2. Terjalinya kerjasama untuk pengembangan minat dan bakat.
  3. Terjalinya kerjasama untuk penempatan kerja lulusan.
  4. Terjalinnya kerjasama untuk pelatihan keterampilan entrepreneur lulusan.

Strategi Pencapaian

  1. Terjalinnya kerjasama untuk mendukung proses pendidikan. Adapun kerjasama dalam bidang di atas yang telah dilakukan antara lain: MOU dengan SMA UISU sesuai Nomor : 7344/E/E.14/VIII/2015 dan MOU dengan MP Istiqlal Delitua sesuai Nomor:740A/E/E.14/VIII/2015.
  2. Terjalinnya kerjasama untuk mendukung proses penelitian, pengabdian masyarakat, dan Dakwah Islamiyah. Adapun kerjasama dalam bidang di atas yang telah dilakukan antara lain: MOU dengan MAS Proyek Univa Medan sesuai Nomor : 735.A/E/E.14/VIII/2015 dan MOU dengan Madrasah Aliyah Taman Pendidikan Islam Medan sesuai Nomor : 735.A/E/E.14/VIII/2015.
  3. Terjalinnya kerjasama untuk pengembangan minta dan bakat. Adapun kerjasama dalam bidang di atas yang telah dilakukan anatar lain: MOU dan MOA dengan Salam Televisi, MOU dan MOA dengan Rumah Kata, MOU dan MOA dengan Aliansi Penulis Waspada, dan MOU dan MOA dengan Forum Sastrawan Deli Serdang.
  4. Terjalinya kerjasama untuk penempatan kerja lulusan. Adapun kerjasama dalam bidang di atas yang telah dilakukan antara lain: MOU dengan LP2M.
  5. Terjalinnya kerjasama untuk peatihan keterampilan entrepreneur lulusan. Adapun kerjasama dalam bidang di atas yang telah dilakukan antara lain: MOU dan MOA dengan PT. Sosro Tbk dan MOU dan MOE dengan PT. Wings Food.

4

Terciptanya publikasi ilmiah dari berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam lingkup pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sasaran

  1. Memperoleh HaKI dalam publikasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Peningkatan publikasi ilmiah.
  3. Menanamkan budaya meneliti.

Strategi Pencapaian

  1. Memfasilitasi penerbitan HaKI.
  2. Meningkatkan fasilitas untuk publikasi ilmiah.

5

Menghasilkan Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bereputasi dan terakreditasi Nasional.

Sasaran

  1. Menghasilkan jurnal yang sudah memiliki ISBN.
  2. Menghasilkan jurnal online.

Strategi Pencapaian

  1. Meningkatkan mutu penulisan jurnal.
  2. Membuat website.

6

Terlaksananya inovasi dan edukasi tentang produk pembelajaran yang berguna bagi peningkatan mutu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Sasaran

  1. Mahasiswa mampu melakukan riset di bidang penelitan dan pengembangan.
  2. Mampu menghasilkan dan mengembangkan produk pembelajaran.
  3. Menguasai keilmuan di bidang pengembangan dan perencanaan pembelajaran. Bahasa dan Sastra Indonesia dengan menggunakan perangkat pembelajaran.
  4. Terselenggaranya pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Strategi Pencapaian

  1. Memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengembangan lulusan.
  2. Menetapkan standar pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan Dakwah Islamiyah yang mengarah pada pengembangan prodak pembelajaran.
  3. Melaksanakan kegitan seminar, lokakarya, dan studi banding.

7

Terbentuknya sarjana pendidikan yang terampil di bidang kewirausahan, kesusastraan dan kejurnalistikan.

Sasaran

  1. Mampu menghasilkan dan mengelola lembaga pendidikan, sanggar sastra, dunia usaha.
  2. Menguasai keilmuan dalam bidang kewirausahaan.
  3. Menguasai keterampilam di bidang jurnalistik.

Strategi Pencapaian

  1. Menetapkan kurikulum tentang kewirausahan.
  2. Memfasilitasi pelatihan kewirausahaan.
  3. Membentuk sanggar sastra Lembaga Kesenian dan Teatrikal (LKT) Mahasiswa.
  4. Membentuk Komunitas Mahasiswa Kreatif (KOMKE) di bidang jurnalistik.

Upaya sosialisasi Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi PBSI

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) ditetapkan sebagai landasan kegiatan-kegiatan yang dialakukan oleh program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Oleh sebab itu perlu dilakukan upaya sosialisasi dan revitalisasi VMTS prodi kepada warga prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UISU. Upaya sosialisai VMTS juga dilakukan melalui berbagai cara, yaitu:

  1. Sosialisasi dilakukan dalam rapat pimpinan fakultas.
  2. Rapat program studi dengan dosen program studi setiap semeternya.
  3. Mensosialisai visi dan misi pada saat perkenalan mahasiswa baru.
  4. Mempublikasikan visi, misi dan tujuan di Website prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dapat diakses di www.fkip.uisu.ac.id/prodipendidikanbahasadansastraindonesia.
  5. Mempublikasikan visi, misi, dan tujuan pada akun-akun media sosial FKIP UISU seperti Facebook, Twitter, dan Instargram.
  6. Memasang poster, brosur, kelender, atau banner yang berisi visi, misi, tujuan dan sasaran di setiap ruangan kampus, seperti ruang kelas, laboratorium, ruang dosen, dan ruang biro administrasi.
  7. Mencantumkan dalam buku panduan akademik fakultas, Program Studi, buku, modul, buku panduan penulisan skripsi.
  8. Sosialisasi pada pihak eksternal di antaranya dilakukan dalam pertemuan dengan Ikatan Alumni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta stakeholders (orang tua, masyarakat, dan pengguna lulusan) baik secara langsung maupun tidak langsung.
Profil Dosen

Rita

Kaprodi PBSI | Dosen Prodi PBSI

Liesna Andriany

Dosen Prodi PBSI

Nila Safina

Pembantu Dekan III

Masa Bakti 2018-2022

Ali

Dosen Prodi PBSI

Amaluddin

Dosen Prodi PBSI

Sahri Nova Yoga

Dosen Prodi PBSI

Rika Kartika

Dosen Prodi PBSI

Album Kegiatan
Seputar FKIP