Visi, Misi, Tujuan & Sasaran FKIP UISU

Visi FKIP UISU

Menjadi FKIP-UISU yang Islami, andal, teruji, bermartabat mulia, dicintai oleh masyarakat, dan diridhoi Allah SWT.

Misi FKIP UISU

[1] Menyelenggarakan pendidikan pembelajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat serta Dakwah Islamiyah secara profesional.

[2] Membentuk sarjana pendidikan yang nasionalis, berkualitas, beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu dan beramal shaleh, turut berperan dalam pembangunan umat Islam, bangsa, dan Negara Republik Indonesia demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat manusia.

Tujuan 1

Menghasilkan sarjana pendidikan yang Islami, berakhlak mulia, beriman dan beramal shaleh, profesional, dan handal.

Sasaran 1

[a] Meningkatnya kualitas dan inovasi proses pembelajaran FKIP yang Islami berorientasi Student Centered Learning (SCL) dengan model PAIKEM.
[b] Melakukan evaluasi kurikulum secara berkala sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan serta kebutuhan stakeholder.
[c] Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran
[d] Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di FKIP UISU.
[e] Menjalin kerjasama dengan stakeholder untuk praktek pengajaran.

Tujuan 2

Menghasilkan penelitian di bidang ilmu kependidikan dan teknologi yang sesuai dengan nilai-nilai Islami dan nilai karakter budaya bangsa.

Sasaran 2

[a] Meningkatkan kualitas penelitian di FKIP UISU.
[b] Meningkatkan daya saing hasil penelitian FKIP UISU melalui kualifikasi artikel ilmiah serta teknologi pendidikan baik bertaraf nasional maupun internasional yang dipatenkan UISU.
[c] Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung proses penelitian di FKIP UISU.
[d] Mengembangkan SDM, baik dosen maupun mahasiswa untuk menopang kegiatan penelitian FKIP UISU.
[e] Menerapkan hasil penelitian di FKIP UISU dalam proses pembelajaran.

Tujuan 3

Terbentuknya karakter budaya bangsa yang diabdikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sasaran 3

[a] Membentuk rasa cinta dan jiwa pengabdian pada masyarakat dan Negara.
[b] Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan yang berorientasi lingkungan dan kebutuhan masyarakat.
[c] Menghasilkan produk ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia.

Tujuan 4

Terbentuknya Dakwah Islamiyah dalam membentuk akhlaqul karimah segenap civitas akademika FKIP UISU dan masyarakat.

Sasaran 4

[a] Memiliki lembaga Dakwah Islamiyah dalam lingkup FKIP UISU untuk melaksanakan tugas-tugas Dakwah Islamiyah ke seluruh civitas akademika dan masyarakat.
[b] Berusaha menerapkan nilai-nilai Islam dalam lingkup FKIP UISU.

Tujuan 5

Terbentuknya tata kelola kelembagaan yang efektif dan efisien untuk menjamin mutu FKIP UISU.

Sasaran 5

Mengembangkan SDM tenaga kependidikan di FKIP UISU dari sisi administrasi dan manajerial.

Sejarah FKIP UISU

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UISU merupakan fakultas kelima yang didirikan pada tanggal 19 Oktober 1957. Waktu itu FKIP dipimpin oleh Harun Lubis. Staf pengajar di antaranya: Harun Lubis; J.F. Sibuea; Prof.Dr. Darwis Amar; Brajir Nasution; Sabaruddin Ahmad; OK. Rachmad, SH; T. Ismail Yacob; dan Abdul Jalil Muhammad.

Pada tahun 1960, Jurusan Sejarah dan Antropologi dibuka di Pematang Siantar sebagai upaya pengembangan melalui kelas jarak jauh. Waktu itu jurusan tersebut dipimpin oleh Asril Thamar sebagai ketua jurusan. Staf pengajar di antara: Drs. Asril Thamar; Drs. Sanusi; Drs. Daud Manurung, Payung Bangun, Anas Mahmud, dan Muslim Laut Tawar.
Pada tahun 1962, FKIP – UISU terdaftar melalui surat Departemen PT IP No. 6/B-SWT/P62. Pada tahun 1963, FKIP – UISU memperoleh status “Diakui” untuk tingkat Sarjana Muda dan Sarjana Paedagogik melalui Surat Keputusan PT IP No. 64 tahun 1963. Pada tahun 1966, Jurusan Paedagogik diubah menjadi Jurusan Pendidikan Umum, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Jurusan Sejarah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Sosial (FKIS). Dengan demikian, terdapat dua Fakultas Keguruan di UISU.

Pada tahun 1977 dibuka fakultas lain, yaitu Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS) dengan jurusan Bahasa Indonesia dan PPKn (Civics Hukum). Dengan demikian, Fakultas Keguruan di UISU bertambah menjadi tiga: FIP, FKIS, dan FKSS.

Pada tahun 1970, FKIS dan FKSS digabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan jurusan Pendidikan Sejarah, PMP, dan Bahasa Indonesia, sehingga tersisa dua Fakultas Keguruan: FIP dan FKIP. Kemudian keduanya digabung menjadi satu fakultas yaitu FKIP berdasarkan SK Mendiknas tahun 1984 dengan beberapa jurusan dan program studi:
1) Jurusan Ilmu Pendidikan dengan Program Studi Kurikulum dan Etnologi dan Program Studi Administrasi Pendidikan.
2) Jurusan Pembinaan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Program Studi Sejarah dan PMPKn.
3) Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (dibuka pada tahun 1987) dengan Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Kimia dan Program Studi Pendidikan Fisika.