Dosen Pendidikan Sejarah FKIP UISU Promosi Doktor

Dosen Pendidikan Sejarah FKIP UISU Promosi Doktor

Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UISU Dahlena Sari Marbun sukses meraih gelar doktor dari Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sumatera Utara pada hari Senin (11/3/2019) yang lalu di ruang Sidang Pascasarjana.

Sidang Promosi Doktor atas nama Dahlena Sari Marbun digelar sejak pagi hingga tengah hari telah berlangsung lancar. Bertindak sebagai Dewan Penguji yaitu: Prof. Dr. Syukur Kholil, MA (ketua), Dr. Achyar Zein, M.Ag (sekretaris), Prof.Dr. Ibrahim Gultom, M.Pd (penguji luar), Dr. Amirruddin Siahaan, M.Pd (penguji I), Dr. Candra Wijaya, M.Pd (penguji II), serta Prof.Dr. Al-Rasyidin, M.Pd dan Prof.Dr. Hasan Asari, M.A (promotor/penguji). Di hadapan dewan penguji, Dahlena Sari Marbun berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul “Implementasi Kebijakan Peningkatan Guru di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan” meraih predikat memuaskan dan menjadi Doktor ke-283 yang diluluskan oleh UIN Sumatera Utara.

Dahlena Sari Marbun dalam temuan penelitiannya menyimpulkan bahwa Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah bertindak independen dalam mengimplementasikan kebijakan untuk peningkatan guru walaupun mengadopsi kebijakan dari pemerintah. Hasil penelitian seperti ini menarik bagi penguji karena isu kebijakan pendidikan Islam terbilang jarang diangkat dalam penelitian tingkat Doktoral. “Penelitian ini sangat bagus karena menyangkut mengenai Manajemen Pendidikan Islam dan harus dilanjutkan penelitiannya setelah ini.” ujar Prof. Dr. Ibrahim Gultom, M. Pd mengomentari Disertasi tersebut.

Hal ini disambut dengan antusias oleh civitas akademika UISU terutama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan tempat Dahlena Sari Marbun berkarir. “Kami turut bangga dan mengucapkan selamat kepada Dr. Dahlena Sari Marbun sebagai Doktor ke-8 di FKIP. Semoga segera menjadi Guru Besar (Profesor) dan semoga Allah memberi kemudahan kepada dosen-dosen lainnya agar semangat menyusul menjadi Doktor.” ujar Dra.Hj. Hasrita Lubis, M.Pd, Ph.D selaku Dekan FKIP UISU.

Melalui wawancara via telepon, Dahlena Sari Marbun mengaku bahagia dengan hasil kerja keras dan pencapaiannya di tengah kesibukan dan bertambahnya usia. “Saya berpegang pada moto hidup saya bahwa belajar itu candu dan man jadda wa jada, dan inshaallah saya akan terus lanjutkan program Ph.D saya yang belum selesai di USM, Malaysia kemudian program Post Doctoral. Saya juga berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung saya, baik di UIN Sumatera Utara, UISU tempat saya mengabdi, dan khususnya keluarga saya.” pungkas Dahlena.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *