Slider 01 Slider 02 Slider 03 Slider 04
This is an example of a HTML caption with a link.

Sambutan Dekanat FKIP UISU

Sambutan Dekanat FKIP UISU
Puji Syukur kita panjatkan Kehadirat Allah SWT, berkat rahmat dan hidayah-Nya, website UISU Kota Medan telah selesai dibuat. Dengan selesainya website ini, diharapkan kemajuan dan perkembangan FKIP UISU Kota Medan lebih optimal dan maksimal. 

Website FKIP UISU KotaMedan dirancang dalam upaya untuk penyebaran akses informasi dan komunikasi kepada mahasiswa/mahasiswi, dosen, masyarakat dan stokholder lainnya dalam upaya menuju Universitas swasta unggulan di Provinsi Sumatra Utara.

Medan, 14 September 2017
Ketua Dekanat FKIP Kota Medan.



Dra. Hj. Hasrita Lubis, M.Pd, P.hD


=================================================================
A. LATAR BELAKANG TAMBAHAN

Pendidikan tinggi yang merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa menghasilkan intelektual, ilmuwan, dan professional yang berbudaya dan kreatif, toleran, demokrasi, berkarakter, tangguh, berani membela kebenaran demi kepentingan bangsa. Untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dapat dilihat dari kurikulumnya tersebut.

KKNI merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki Indonesia. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dari level 1-9 menjadi acuan untuk pembangunan sumber daya manusia dan tenaga kerja Indonesia. Pengakuan kualifikasi tidak hanya mengacu pada pendidikan formal, tetapi juga pelatihan yang didapat di luar pendidikan formal, pembelajaran mandiri, dan pengalaman kerja.

KKNI yang secara resmi dimiliki Indonesia sejak tahun lalu lewat Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI saat ini mulai gencar disosialisasikan, termasuk kepada kalangan perguruan tinggi. Implementasi KKNI ditargetkan tahun 2016, yakni penyetaraan antara kualifikasi lulusan dengan kualifikasi KKNI, pengalaman pembelajaran lampau (PPL), pendidikan multi entry dan multi exit, dan pendidikan sistem terbuka. Pada Hakikatnya KKNI ini untuk memfasilitasi belajar sepanjang hayat dan penyetaraan. KKNI ini akan menjadi rujukan dalam kurikulum dan penjaminan mutu pendidikan. Untuk itu, capaian belajar lulusan atau learning outcomes dari proses pendidikan

harus mengacu pada KKNI, Setiap jenjang kualifikasi pada KKNI memiliki kesetaraan dengan capaian pembelajaran yang dihasilkan melalui pendidikan, pelatihan kerja atau pengalaman kerja. Jenjang 1-3 dikelompokkan dalam jabatan operator, jenjang 4-6 dalam jabatan teknisi atau analis, serta jenjang 7-9 jabatan ahli. Lulusan pendidikan dasar setara dengan jenjang 1; lulusan pendidikan menengah paling rendah setara dengan jenjang 2; Diploma 1 paling rendah setara dengan jenjang 3; lulusan Diploma 4 atau Sarjana Terapan dan Sarjana paling rendah setara dengan jenjang 6; dan seterusnya hingga jenjang 9 doktor dan doktor terapan.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi saat ini telah mengalami perubahan, yaitu dari kurikulum KBK yang berdasarkan pada basis kompetensi menjadi KKNI yang berstandar kualifikasi nasional. Perubahan ini memerlukan proses yang panjang, melalui proses penyusunan, revisi, dan penelaahan rancangan yang disusun sedemikian rupademi mencapai tujuan dan sasaran yang hendak dicapai. Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Biologi dilakukan berdasarkan aspek internal dan external yaitu sumber daya, sarana dan  serta kebutuhan pengguna lulusan. Penyusunan visi dan misi tidak terlepas dari visi dan  misi institusi sebagai bentuk wujud  konsistensi dan relevansi pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan antara kebijakan dan pelaksanaan program.

Penyusunan suatu kurikulum berbasis KKNI dilakukan berdasarkan analisis SWOT kemampuan Program Studi sebagai pertimbangan aspek internal lembaga pendidikan dan tracer study alumni Program Studi sebagai pertimbangan aspek kondisi eksternal. Capaian pembelajaran Program Studi selain bergantung pada hasil tracer study dan analisis dari stakeholder, juga harus mengacu pada deskriptor (level) yang ditetapkan pada Perpres No.8 Tahun 2012 dan SK dikti No. 44 Tahun 2015 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penyusunan visi dan  misi tersebut  melibatkan dosen tetap prodi, pejabat

struktural  institusi dan tenaga kependidikan melalui kegiatan rapat internal program studi sekaligus pembahasan tentang rencana operasional dan strategis sebagai upaya pencapaian tujuan dan sasaran Program Studi. Rancangan tujuan dan sasaran Program Studi sebagai upaya mewujudkan visi dan misi Program Studi dengan melibatkan unsur-unsur terkait yaitu Dosen Program Studi Pendidikan Biologi, Alumni, Stakeholder(Wakil Kepala Sekolah SMA Harapan 2, Kepala Sekolah SMA Swasta UISU, Kepala Sekolah SMA Prayatna Medan.

21 Oktober 2017



















Berita Fkip Uisu 1


Berita Fkip Uisu 2


Flag Counter
Web
Analytics Made Easy - StatCounter

Beranda || Sejarah FKIP || Visi Misi Fkip || Aplikasi Android & Laptop
Copyright © 2017 Website Resmi FKIP UISU
Skin by MrTP | Coded by CSS PHP/HTML5 | All Rights Reserved
Bismillahhirrahmannirrahim. Special Thanks to God Allah SWT.